Berbagi Semerbak Bunga Ilmu

ELEMENTS OF DIFFUSION (EVERETT M. ROGERS)

Diffusion (Difusi) adalah proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu dari waktu ke waktu di antara para anggota suatu sistem sosial. Difusi adalah jenis khusus dari komunikasi, terkait dengan penyebaran pesan yang dianggap sebagai ide-ide baru. Komunikasi adalah proses di mana peserta membuat dan berbagi informasi dengan satu sama lain untuk mencapai saling pengertian.

Definisi ini berarti bahwa komunikasi adalah proses konvergensi (atau perbedaan) sebagai dua atau lebih individu bertukar informasi dalam rangka untuk bergerak ke arah satu sama Odier (atau terpisah) dalam makna-makna yang mereka berikan kepada peristiwa-peristiwa tertentu.

Beberapa penulis membatasi “difusi” untuk mati spontan, tidak direncanakan penyebaran ide-ide baru dan menggunakan konsep “penyebaran” untuk difusi yang diarahkan dan dikelola. Dalam buku ini kita menggunakan kata “difusi” untuk mencakup baik yang direncanakan dan spontan penyebaran ide-ide baru.

ELEMENTS OF DIFFUSION

  1. Innovation (Inovasi)

Inovasi adalah suatu gagasan, praktek, atau benda dianggap baru oleh individu atau unit lain dari adopsi. Sebagian besar ide-ide baru yang dibahas adalah inovasi teknologi. Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Kebanyakan teknologi memiliki dua komponen:

  1. Hardware (Perangkat keras), yang terdiri dari alat yang mewujudkan teknologi sebagai bahan atau objek fisik, dan
  2. Software (Perangkat lunak), yang terdiri dari basis pengetahuan untuk perangkat.
  1. Communication Channels (Saluran Komunikasi)

Sebuah saluran komunikasi adalah sarana yang mendapatkan pesan dari satu orang ke orang lain. Media massa saluran yang lebih efektif dalam penciptaan pengetahuan inovasi, sedangkan saluran interpersonal yang lebih efektif dalam membentuk dan mengubah sikap terhadap ide baru, dan dengan demikian dalam mempengaruhi keputusan untuk mengadopsi atau menolak ide baru.

  1. Time (Waktu)

Dimensi waktu terlibat dalam difusi :

  1. a.      The Innovation-Diffusion Process (Proses Inovasi-Difusi)

Proses inovasi-difusi yang seorang individu melewati dari pengetahuan pertama inovasi melalui adopsi atau penolakan.

  1. b.      Innovativeness (Daya Inovasi)

Inovasi dari unit individu atau adopsi (yaitu, pencegahan dini/ keterlambatan dengan dimana suatu inovasi diadopsi) dibandingkan dengan anggota lain dari sistem, dan

  1. c.       An Innovation’s Rate of Adoption (Laju Inovasi Adopsi)

Tingkat inovasi dari adopsi dalam suatu sistem, biasanya diukur sebagai nomor kepala anggota dari sistem yang mengadopsi inovasi dalam suatu periode tertentu waktu. Proses keputusan inovasi adalah proses melalui mana seseorang (atau pengambilan keputusan unit) melewati dari pengetahuan pertama dari sebuah inovasi untuk membentuk sikap terhadap inovasi, untuk keputusan untuk mengadopsi atau menolak, untuk pelaksanaan ide baru, dan untuk konfirmasi keputusan ini.

Lima langkah konsep dalam proses ini:

  1. Pengetahuan,
  2. Persuasi,
  3. Keputusan,
  4. Implementasi, dan
  5. Konfirmasi

Seorang individu mencari informasi pada berbagai tahap dalam proses inovasi-keputusan untuk mengurangi ketidakpastian tentang konsekuensi sebuah inovasi yang diharapkan.

Tahap keputusan mengarah :

  1. Untuk adopsi, keputusan untuk membuat penuh penggunaan inovasi sebagai tindakan yang terbaik yang tersedia, atau
  2. Untuk penolakan, keputusan untuk tidak mengadopsi suatu inovasi. kategori adopter lima, mengelompokkan anggota mati suatu sistem sosial berdasarkan inovasi mereka: (1) inovator, (2) pengadopsi awal, (3) mayoritas awal, (4) mayoritas akhir, dan (5) lamban. Tingkat adopsi adalah kecepatan relatif dasi dengan dimana suatu inovasi diadopsi oleh anggota sistem sosial.

 

  1. Social System (Sistem Sosial)

Sistem sosial didefinisikan sebagai satu set unit yang saling terkait yang terlibat dalam pemecahan masalah secara bersama untuk mencapai tujuan bersama. Para anggota atau unit dari suatu sistem sosial dapat berupa individu, kelompok informal, organisasi, dan / atau subsistem. Sistem dianalisis dalam studi difusi dapat terdiri dari semua keluarga petani di sebuah desa Peru, doctofs medis di rumah sakit, atau semua konsumen di Amerika Serikat. Setiap unit dalam sistem sosial dapat dibedakan dari unit lain. Semua anggota-anggota bekerja sama setidaknya sampai sebatas berusaha untuk memecahkan masalah yang umum untuk mencapai tujuan bersama. Ini berbagi tujuan umum mengikat sistem bersama.

PERCEIVED ATTRIBUTES OF INNOVATION

  1. 1.      Relative Advantage

Relative advantage (Keuntungan relatif) adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik daripada gagasan itu menggantikan. Tingkat keuntungan relatif dapat diukur dari segi ekonomi, tetapi faktor prestise sosial, kenyamanan, dan kepuasan juga faktor penting. Tidak peduli begitu banyak apakah inovasi memiliki banyak keunggulan “obyektif”. Apa masalah adalah apakah seorang individu memandang inovasi mati sebagai menguntungkan. Semakin besar keuntungan relatif yang dirasakan dari sebuah inovasi, tingkat adopsi yang akan lebih cepat.

  1. 2.      Compability

Compatibility (Kompatibilitas/Kesesuaian) adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan pengadopsi potensial. Sebuah ide yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma sistem sosial tidak akan diadopsi secepat sebuah inovasi yang kompatibel. Penerapan suatu inovasi tidak sesuai sering membutuhkan adopsi sebelumnya dari sistem nilai baru, yang adalah proses yang relatif lambat.

  1. 3.      Complexity

            Complexity (Kompleksitas) adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap sulit untuk dipahami dan digunakan. Beberapa inovasi yang mudah dipahami oleh sebagian besar anggota suatu sistem sosial, yang lainnya adalah lebih rumit dan diadopsi lebih lambat.

  1. 4.      Trialability

Trialability adalah derajat dimana suatu inovasi dapat bereksperimen dengan secara terbatas. Ide-ide baru yang dapat dicoba pada rencana angsuran umumnya akan diadopsi lebih cepat daripada inovasi yang tidak habis dibagi.

  1. 5.      Observability

Observability adalah derajat dimana hasil suatu inovasi dapat dilihat orang lain. Semakin mudah bagi individu untuk melihat hasil dari suatu inovasi, mengikat semakin besar kemungkinan mereka untuk mengadopsi.

 

TYPES OF INNOVATION-DECISIONS

  1. 1.      Optional InnovationDecisions

Inovasi-Keputusan Opsional adalah pilihan untuk mengadopsi atau menolak inovasi yang dibuat oleh independen individu keputusan anggota lain dari sistem. Bahkan dalam kasus ini, keputusan individu dapat dipengaruhi oleh norma-norma sistem dan dengan komunikasi melalui jaringan interpersonal.

  1. 2.      Collective Innovation Decision

Inovasi-Keputusan Kolektif adalah pilihan untuk mengadopsi atau menolak inovasi yang dibuat oleh konsensus di antara anggota suatu sistem. Semua unit dalam sistem biasanya harus sesuai dengan keputusan sistem setelah dibuat.

  1. 3.      Authority Innovation Decision

Inovasi-Keputusan Otoritas adalah pilihan untuk mengadopsi atau menolak inovasi yang dibuat oleh individu relatif sedikit dalam suatu sistem yang memiliki kekuasaan, status, atau keahlian teknis.

 

THREE CLASSIFICATIONS OF CONSEQUENCES

  1. 1.      Desirable Versus Undesirable Consequences

Konsekuensi yang diinginkan dibandingkan yang tidak diinginkan, tergantung pada apakah dampak dari inovasi dalam sistem sosial yang fungsional atau disfungsional.

  1. 2.      Direct Versus Indirect Consequences

Konsekuensi langsung dan tidak langsung, tergantung pada apakah perubahan pada individu atau sebuah sistem sosial terjadi sebagai respon langsung terhadap suatu inovasi atau sebagai akibat orde kedua dari konsekuensi langsung dari suatu inovasi.

  1. 3.      Anticipated Versus Unanticipated Consequences

Konsekuensi diduga dibandingkan tak terduga, tergantung pada apakah atau tidak perubahan diakui dan dimaksudkan oleh Anggota sistem sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: